DARI pengalaman dan penelitian mengenai anak-anak brain injured, Glenn Doman dan The Institute for the Achievement of Human Potential menemukan jalan ke area baru yang mereka sebut sebagai Child Brain Development.
Dimulai dari tahun 1940, penelitian yang dilakukan untuk menemukan cara paling efektif dalam membantu anak-anak brain injured. Berhasilnya anak usia tiga tahun yang menderita brain injured berat membaca, sering menjadi perbedaan terhadap anak normal yang gagal membaca di sekolah.
Selama ini, kita ternyata telah merendahkan potensi anak-anak normal yang sempurna otaknya. Meski kita sering memandang anak-anak melalui mata penuh dengan cinta kasih, tapi sesungguhnya kurang menghargai kemampuan mereka. Kecerdasan yang rendah sebenarnya produk dari lingkungan.
Dunia ini terlanjur sudah berjalan dengan asumsi bahwa perkembangan otak sudah ditentukan sebelumnya dan tidak dapat diubah. Pada kenyataannya perkembangan dan pertumbuhan otak adalah dinamis dan merupakan proses yang selalu berubah. Proses ini juga dapat dihentikan sebagaimana cedera otak yang parah menghentikannya. Tapi yang paling penting adalah proses ini bisa dipercepat.
Nah, hal yang harus dilakukan orangtua untuk mempercepat perkembangan otak adalah dengan memberikan anak stimulasi visual, auditori dan yang bisa diraba (tactile), dengan frekuensi yang makin lama makin meningkat, intensitas dan durasi yang juga meningkat mengikuti pertumbuhan otak.
Karena sesungguhnya anak kecil ingin belajar tentang segala hal. Di mana mereka memiliki lima laboratorium kerja yang tersedia kapanpun mereka ingin menggunakannya, yaitu penglihatan, pendengaran, peraba, perasa dan pencium. Mereka menggunakan kelima jalur ini untuk mempelajari semua obyek yang tidak mereka kenal.
Ada beberapa tahap yang diterapkan oleh metode Glenn Doman untuk melipatgandakan kecerdasan anak. Tahap pertama adalah untuk mengajarkan bayi Anda sejumlah besar fakta yang jelas. Membaca banyak kata-kata tunggal dengan Bit of Inteligence, dot card tunggal.
Tahap kedua adalah memperlihatkan fakta-fakta tersebut sesering mungkin untuk memastikan fakta tersebut tersimpan permanen. Tahap ketiga memberikan kesempatan sesering mungkin untuk mengambil kembali fakta-fakta tersebut untuk kegunaan tertentu.
Sementara tahap keempat adalah menyediakan sejumlah fakta yang berkaitan sehingga anak Anda dapat membuat kombinasi dan pengembangan fakta tersebut dengan berbagai macam cara yang berguna untuk menemukan hukum-hukum dibalik fakta. Dan pada tahap terakhir adalah menyediakan anak Anda kesempatan yang makin lama makin besar untuk menyelesaikan masalah.
Jadi, jangan patah hati bila buah hati Anda mengalami brain injured karena sebenarnya kasus tersebut dapat diselesaikan melalui metode yang dikeluarkan oleh Glenn Doman. (nsa)
0 komentar:
Posting Komentar