Blog ini adalah Dofollow Blog , silahkan memberikan komentar dan tautan link namun mohon tidak untuk melakukan spam atau komentar yang tidak ada kaitannya dengan artikel yang ada. Terima Kasih

Si 1 tahun Berdiri Sendiri



Sudah lama ia berusaha melakukannya. Sekaranglah saatnya ia dapat melakukannya. Bagaimana Anda menghadapi peristiwa ini?

Sejak berusia tujuh bulan, si kecil mencoba berdiri. Namun, ia masih berdiri dengan cara mengandalkan kekuatan lengannya. Ia akan meraih tepian boks tempat bermainnya, dan dengan kekuatannya ia akan menarik tubuhnya sampai pada posisi berdiri.

Pemahamannya tentang cara berdiri bertambah di bulan-bulan berikutnya. Kaki dijadikannya alat penumpu badannya, dan dengan kaki ia mendorong tubuh ke atas. Tetapi, masih juga dibantu kekuatan lengannya untuk menarik tubuh sampai pada posisi berdiri.

Di bulan kesebelas, si kecil mengalami kemajuan yang menakjubkan. Ia dapat berdiri dari posisi duduk. Ia tidak lagi mengandalkan kekuatan lengan untuk menarik tubuhnya. Kedua tangan dan kaki menjadi tumpuannya, sambil mengusahakan keseimbangan, yaitu saat si kecil menungging. Setelah beberapa detik, anak mungkin terjatuh. Atau sebelum terjatuh ia sudah lebih dulu berpegangan pada tepian boksnya.

Ada anak yang di usia 1 tahun sudah dapat membungkuk dari posisi berdiri untuk memungut mainannya. Mudah tampaknya, tapi sebetulnya tidak semudah yang kita lihat. Kemajuan si kecil melakukan gerak sesederhana apa pun mengandalkan kematangan otak dan otot..

Beri tempat yang aman

Ketika belajar berdiri, anak kerap terjatuh. Untuk itu ia butuh tempat yang aman, yaitu tempat dengan permukaan empuk dan lembut yang menghindarkan si kecil dari luka atau memar karena benturan langsung dengan lantai.

Pada saat belajar pun, anak tampaknya kerap butuh bantuan. Misalnya, ia ingin kembali duduk setelah lelah berdiri. Tetapi karena tidak tahu caranya, ia akan berteriak-teriak dan menangis minta bantuan. Anda tak perlu buru-buru mengangkat si kecil dan langsung mendudukkannya. Yang ia butuhkan adalah petunjuk cara melakukan gerakan jongkok dari posisi berdiri. Anda dapat membantunya belajar menekuk kakinya, menurunkan tubuhnya hingga ke posisi jongkok, lalu posisi merangkak dan duduk.

Sekali anak dapat berdiri sendiri, ia akan terdorong untuk melakukannya terus menerus untuk melatih otot-ototnya. Ia akan berdiri, menunduk, jongkok dan berdiri lagi. Sekali-sekali si kecil juga melangkah sambil berpegangan pada tepian boksnya. Tapi ini bukan pertanda ia dapat berjalan. Si kecil sedang belajar menyeimbangkan tubuhnya untuk maju pada keterampilan berikutnya, yaitu melangkah.

Bila Anda ingin merangsang anak siap melangkah, Anda dapat menyediakan benda yang cukup kuat dan tidak mudah terguling untuk didorong-dorong oleh si kecil. Misalnya, kursi kayu yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.

Waspadai keterlambatan

Anak-anak berkembang dengan caranya masing-masing. Ada anak yang lebih cepat berkembang dari anak Anda, ada juga yang lebih lambat. Ada yang baru benar-benar dapat berdiri sendiri di usia 1 tahun. Tapi ada pula anak yang baru dapat melakukannya di usia 14 bulan.

Bila anak Anda di usia 18 bulan masih terus merangkak atau tidak belajar berdiri, Anda boleh waspada. Meski juga perlu diingat bahwa anak yang lahir prematur akan mengalami keterlambatan. Anda dapat menanyakan keadaan buah hati Anda ini pada dokter keluarga Anda.

Immanuella F. Rachmani

0 komentar: